Kamis, 27 Maret 2014

Etika Penggunaan Materi di Internet dalam Kebutuhan Pekerjaan

         Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tak dapat hidup tanpa bantuan makhluk lain. Dalam kaitannya dengan makhluk sosial, maka manusia tak dapat dipisahkan dari suatu interaksi. Intetaksi dapat terjadi dimana saja, terjadi kapan saja dan dengan siapa saja. Berdasarkan tempatnya, interaksi dapat terjadi di lingkungan keluarga, lingkungan rumah, lingkungan sekolah maupun lingkungan kerja.
         Interaksi merupakan suatu hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok berupa tindakan maupun perkataan. Dalam suatu interaksi pasti ada informasi yang diberikan dan ada pula informasi yang diterima. Informasi yang diberikan kepada individu atau kelompok lain dapat diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya adalah melalui internet. Internet memiliki peranan yang sangat penting dalam hal informasi, bahkan internet menjadi "andalan" saat seseorang dituntut untuk mendapatkan informasi yang kemudian akan ia sampaikan lagi kepada orang lain. Dalam pelaksanaannya, informasi yang didapat seseorang melalui internet sering kali dilakukan dengan "copy paste". Artinya, seseorang yang mendapat informasi melalui internet akan terkesan "mengaku" bahwa informasi itu didapat dari pengetahuan dirinya sendiri, dengan keadaan seperti ini maka akan timbul sesuatu yang dinamakan "plagiatisme". Untuk menghindari plagiatisme, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita menyebarkan informasi yang didapat melalui internet. Salah satu etika yang harus dilaksanakan adalah selalu mencantumkan sumber yang kita dapatkan dari internet. Apabila yang kita sebarkan adalah informasi dalam bentuk teks, maka jangan pernah lupa untuk mencantumkan footnote disetiap kalimat-kalimat berupa informasi yang dikutip dari internet. Sedangkan jika informasi yang disebarkan berupa ucapan, maka jangan pernah mengaku bahwa apa yang kita katakan adalah pengetahuan kita sendiri, tapi katakanlah bahwa yang kita ucapkan adalah kesimpulan dari apa yang kita baca di internet.